Media Akuntansi

Judul       : Welcome to The Accounting Zone
Durasi     : 6 menit 14 detik
Software  : Audacity 1.3.9 Beta

SCRIPT

Intro (Mariana) :
Open your mine on three, two, one!!
Welcome to the accounting zone !!
Good morning student, now we will talk about accounting, and everything about accounting. So please, enjoy this moment !!
Pembukaan (Arif) :
Selamat pagi anak-anakku sekalian yang saya banggakan, di kesempatan kita kali ini, kita akan bicara banyak tentang akuntansi. Karena ini adalah first meeting atau pertemuan pertama kita, maka kita akan membicarakan tentang hal yang paling basic atau dasar dari akuntansi itu sendiri.
Nah, untuk lebih jelasnya, mari kita dengarkan ilustrasi sebagai berikut : 
Inti (Mariana) :
Kata akuntansi tentunya sudah tidak asing di telinga kita. Tanpa kita sadari dalam kehidupan sehari-hari, kita selalu menggunakan akuntansi. Dan apabila kalian berkata :”No, saya tidak pernah menggunakan akuntansi dalam hidup saya!”
Maka saya pastikan itu adalah “Bohong!”
Setiap manusia mempunyai suatu kebutuhan, dan untuk memenuhi kebutuhan tersebut kita membutuhkan sumber dana yaitu uang. Informasi akuntansi sangat berguna dalam mengalokasikan uang kita secara baik dan bijaksana. Contoh sederhananya, katalanlah saat kalian memutuskan pergi ke sekolah dengan naik angkutan umum ketimbang naik taxi, padahal kita semua tahu bahwa taxi jauh lebih bagus, lebih nyaman, lebih bersih, dan pastinya lebih cepat daripada angkutan umum. Tapi kalian tetap memutuskan untuk berdesak-desakan di angkutan umum bukan? Kenapa demikian?
Ya, karena angkutan umum jauh lebih murah ketimbang taxi. Sekarang pertanyaannya, kenapa kalian pilih yang murah ? tentu saja, karena modal atau uang saku yang kita miliki terbatas sedangkan masih banyak kebutuhan lainnya yang belum terpenuhi,seperti uang jajan misalnya, atau mungkin membeli perlengkapan sekolah, belum lagi kebutuhan-kebutuhan yang tidak terencana. Sehingga pertimbangan-pertimbangan inilah yang membuat kalian dengan tegas mengatakan bahwa “The best choice is angkutan umum”.
Inilah contoh sederhana dari kegunaan informasi akuntansi, yang tidak lain adalah membantu kita mengambil keputusan dalam masalah keuangan.
Dan sekarang, bagaimana kalau kalian mempunyai suatu usaha? Atau bagaimana kalau kalian menjadi manajer pada suatu perusahaan?
Tentunya peran akuntansi akan lebih terlihat disini. Suatu perusahaan setiap harinya tidak hanya melakukan satu atau dua transaksi saja, melainkan ratusan bahkan ribuan transaksi. Lantas, bagaimanakah cara kita mengetahui kondisi perusahaan kita? Mungkin, berapakah keuntungan atau laba yang kita dapatkan atau berapakah modal yang kita miliki sekarang? Bahkan berapakah utang atau kewajiban yang harus kita bayarkan kepada kreditor?
Apakah mungkin informasi tersebut bisa kita dapatkan hanya dengan membayangkannya saja? Atau mungkin dengan menghitung menggunakan sepuluh jari yang kita miliki? Tidak bukan? Informasi tersebut hanya bisa kita dapatkan dengan menyusun laporan keuangan. Sekarang apakah laporan keuangan itu, dan bagaimanakah cara menyusun laporan keuangan, semua itu akan kita pelajari dalam akuntansi.

Closing (Arif) :
Nah, sekarang kalian tahu kan pentingnya akuntansi dalam kehidupan kita, untuk itu marilah kita mempelajari akuntansi dari sekarang, agar kita bisa menjadi pengambil keputusan yang baik, karena sejatinya pengambil keputusan adalah tugas dari seorang pemimpin. Dan saya yakin, kalian semua adalah calon pemimpin-pemimpin masa depan.
So, let’s learn together !!! 
PENASARAN????MAU DENGER AUDIONYA KLIK AJA LINK DIBAWAH INI!
0 Responses

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.